Contoh kasus :
Proses pengambilan
keputusan oleh konsumen terhadap pembelian mie instan merk Indomie
Indonesia sebagai negara
berpenduduk besar telah menempatkan industri pangan sebagai industri yang
strategis baik dalam penyerapan pasar maupun penyediaan sumber daya. Keragaman
budaya dari ratusan suku bangsa yang tersebar di luasan wilayah kepulauan
Indonesia merupakan warisan leluhur yang sangat bernilai tinggi. Perilaku makan
merupakan bagian penting pula dari adat istiadat di banyak suku Bahkan makanan
telah menjadi simbol kebudayaan dan berpotensi menjadi bagian budaya
nasional.
Tuntutan akan kecepatan dan kepraktisan yang hampir menyentuh seluruh aspek kehidupan dan kelompok masyarakat melahirkan budaya instan termasuk pada budaya makanan instan. Salah satu jenis makanan instan yang cukup popular adalah mi instan. Keberadaan mi instan di Indonesia dirasakan cukup fenomenal.
Tuntutan akan kecepatan dan kepraktisan yang hampir menyentuh seluruh aspek kehidupan dan kelompok masyarakat melahirkan budaya instan termasuk pada budaya makanan instan. Salah satu jenis makanan instan yang cukup popular adalah mi instan. Keberadaan mi instan di Indonesia dirasakan cukup fenomenal.
Indomie sebagai pemimpin
pasar mi instant telah melakukan banyak terobosan dalam menjaga keutuhan pangsa
pasar dan bahkan meningkatkannya. Salah satu produk Indomie yang diluncurkan
adalah dalam program Lintas Budaya Nusantara adalah Indomie Selera Nusantara
(ISN). ISN merupakan hasil dari pengembangan produk yang mengangkat cita rasa
makanan khas daerah di Indonesia. Selain itu, harga yang cukup terjangkau dan
variasi rasa yang beragam yang kemudian menyebabkan konsumen untuk memutuskan
membeli produk mie instan merk indomie. Serta kualitas yang selalu terjaga
sehingga konsumen tetap bertahan pada mie instan merk indomie tersebut.
Sumber : http://madedesthi.blogspot.com/2011/10/tugas-1-perilaku-konsumen-proses.html
No comments:
Post a Comment