atiass

Monday, April 1, 2013

Pentingnya Inovasi dalam Sistem Pendidikan


Pendidikan merupakan modal besar untuk memperbaiki kemajuan suatu bangsa. Hal ini dikarenakan dengan pendidikan bangsa atau negara dapat memperbaiki generasi penerus bangsa melalui anak-anak bangsa. Perlunya model yang inovatif, sistem penerapan kurikulum diatas rata-rata dan fasilitas sekolah gratis merupakan salah satu jalan keluar dalam hal memperbaiki penerus bangsa yang berpendidikian.
    Seperti yang dilakukan TK Mutiara Azra, demi meningkatkan kualitas kegiatan belajar – mengajar (KBM) bagi siswanya, menerapkan sistem belajar "Home Visit". Kegiatan ini dolakukan untuk menunjang pengetahuan siswa mengenai kinerja dari tempat yang mereka kunjungi. Program yang dilakukan sebulan sekali ini bertujuan agar siswa tidak merasa bosan belajar didalam kelas terus - menerus. Tidak hanya itu visit home juga dilakukan dengan mengunjungi rumah teman disekolah. Ini bertujuan agar salaing mengenal dengan orang tua murid dan saling bertukar pengetahuan antar murid dengan orang tua lain. (Limo – Koran Monitor Depok ; Kamis, 21 Maret 2013
    Tidak mau kalah, 76 Siswa SDI Dian Didaktika yang mengadakan program "Market Day" yang diselenggarakan setiap tahun ditengah semester 2. Kegiatan ini diikuti oleh siswa / siswi kelas III SDI Dian Didaktika. Dengan diadakannya marketday ini siswa diajak untuk belajar kewirausahaan, kejujuran, berhitung, percaya diri atau berani, melatih kemandirian, interaksi sosial dan amanah dalam menjalankan usaha. Adapula manfaat yang bisa diambil dalam program ini, secara tidak langsung juga merupakan pembelajaran dan penanaman karakter atau budi pekerti. (Cinere - Koran Monitor Depok ; Kamis, 21 maret 2013)
    Sama seperti yang lainnya, sekolah SDIT Al Haraki menggelar "Haraki's Career Day 2013". Program ini diadakan untuk memberikan pengenalan dan pengetahuan tentang profesi pekerjaan. Pengenalan ini diberikan kepada siswa – siswi kelas III dan IV yang berjumlah 165 siswa dan siswi dengan harapan pengenalan ini mampu memberikan gambaran secara unum tentang profesi atau pekerjaan. Profesi yang dikenalkan ada 5 jenis yaitu polisi, dokter gigi, dokter hewan, animasi dan pecinta lingkungan. Dalam program ini orang tua mahasiswa juga diberdayakan untuk mengetahui sistem yang diberikan oleh sekolah.
    Dari artikel yang sudah di jabarkan oleh penulis diatas, dapat disimpulkan bahwa sudah banyak sekolah dari mulai TK sampai dengan SD yang telah menggunakan inovasi dalam program pendidikannya. Hal ini diharapkan mampu memciptakan generasi muda yang kreatif juga cerdas dengan bidang yang mereka senangi, dan mampu meratakan sumber daya – sumber daya dalam bidang yang belum banyak di temukan dibangsa ini.

No comments:

Post a Comment